03 January 2012

Sweet Bread Choco Crown


LBT #10 *Sweet Bread*
No. Anggota 229
Sweet Bread Choco Crown


Alhamdulillah tantangan kali ini bisa juga di taklukkan, tp sebelum nya saya mohon maaf atas keterlambatan menyerahkan tugas ke #10 kali ini. Terima kasih buat host yg bertugas di LBT #10 ini karna memilih tantangan sweet bread ini, karna sebelumnya saya memang belum pernah membuat sweet bread or roti manis atau roti apa pun namanya. Pertama kali buat, asli gatot *alias gagal total* dikarenakan salah menimbang adonan...hiii. Alhasil berakhir di tempat sampah, dikarena kan kepala udah mumet n nggak bisa mikir. Setelah mencoba yg ke 2, baru deh hasil nya sesuai dgn yg diinginkan...he2 *baru bisa senyum* walau pun tanganq puegeell nya minta ampuunn...tp cukup senang lah...haa.
Untuk resep sweet bread ini aq ambil dari majalah *Bakery Indonesia* baru nyadar kalo di majalah yg bertumpuk2 di rak buku itu ada resep roti manis...hiii. Wkt lihat penampakan roti ini, aq jd kepengen bgt bikin n tau rasa nya seperti apa...akhirnya aq persembahkan di LBT #10 ini.
Resep Adonan Roti Manis

bahan a
250 Tepung Cakra
2,5 gr Ragi Instan *aq pake fermifan 2 in 1*
100 gr air es
75 gr susu cair yg dingin

bahan b
150 gr tepung cakra
100 gr tepung segitiga biru / kunci biru
15 gr susu bubuk
75 gula pasir
1 butir telur
25 fresh cream
2,5 ragi instan *aq pake fermifan 2 in 1

bahan c

50 gr air es
6 gr garam

bahan d
75 gr butter *aq pake anchor*

bahan polesan
1 kuning telur
2 sdm fresh milk

Untuk cover nya, kebetulan aq masih punya kulit pastry, jd nggak perlu beli yg siap pakai n coklat bubuk secukupnya.

Cara membuat nya

Aduk bahan a hingga tercampur rata dan fermentasi kan kurleb 2 jam *ini membuat biang untuk roti*
Aduk bahan biang dgn bahan b, kecuali tepung terigu, ragi n susu bubuk. campur hingga rata.
Lalu masukkan tepung terigu, ragi n susu bubuk.
Kemudian masukkan bahan c, aduk hingga setengah kalis. kemudian masukkan bahan d, aduk hingga kalis lalu fermentasikan adonan selama 30 menit.
Timbang adonan sebanyak 40 gram, lalu di bulat2 kan setelah itu fermentasikan kembali selama 15 menit. Isi dan bentuk lalu fermentasi kan kembali selama 90 menit. Poles dengan bahan polesan, lalu potong2 adonan pastry n bentuk diatas roti saling menyilang, lalu taburi coklat bubuk diatas nya. masukkan ke oven n panggang selama kurleb 13 menit dengan suhu 200 derajat.

Oh ya, untuk adonan roti nya aq nggak pake bread improver, karna fermifan 2 in 1 sudah mengandung bread improver. Untuk filling rotinya terserah mau diisi apa saja boleh sesuai selera. Kalo aq pake cheese filling n coklat filling yg udah tersedian di tbk, jd nggak bikin sendiri.

Selamat Mencoba...

No comments:

Post a Comment